Header Ads

Breaking News

تَـقْـسِـــيْمُ اْلـكَلِمَــةْ ( Pembagian Kata )


 بســـــــــــــــــــم الله الرّحمن الرّحيـــــــــــــــــم

Di dalam Nazham Kitab Alfiyyah, Ibnu Malik menjelaskan persoalan kalam  atau kalimat  sebagai berikut.

كَلاَمُنَا لَفْظٌ مُفِيْدٌ كَاسْتَــقِمْ *  وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ اْلــكَلِمْ

  وَحِــدُهُ كَــلِمَةٌ وَاْلــقَوْلُ عَـمْ *   وَكَلْمَةٌ بِهَا كَــلَامٌ قَــدْ يُؤَم

 Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu) adalah lafazh yang memberi pengertian, seperti “Istaqim!” (Luruslah). Isim, Fi’il, dan Harf adalah (tiga aspek) Kalim. 

 Satuan dari (kalim) disebut kalimah, sedangkan qaul itu umum. “Kalimah” kadang dimaksudkan sebagai Kalam.

Kemudian Penulis Matan al-Jurumiyah, Abu ‘Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud al Shinhaji (672-723 H), lebih dikenal dengan Ibnu Ajurum, mendefinisikan kalam/Kalimat sebagai berikut.

اْلــكَلَمُ هُوَ اللَّفْظُ اْلمُرَاكَبُ اْلمُفِيْدُ بِاْلوَضْعِ

 “Kalam ialah lafazh (ucapan) yang tersusun dan memiliki maksud yang jelas serta disengaja.” Dari definisi ini, dipahami bahwa unsur pembentuk kalam ada 4 (empat), yaitu: lafzh (ucapan/kata-kata), murakkab (tersusun), mufîd (memiliki maksud yang jelas), dan bil-wadh‘i (sesuai aturan atau kesepakatan bersama).

وَأَقْـسَمُهُ ثَلَاثَةٌ إِسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ

Dan pembagiannya ada tiga 3 Yakni Isim ( kata Benda ) Fi'il ( kata Kerja ) dan Harf (Huruf)

 Definisi Isim (kata benda) .1

مَا دَلَّ عَلَى مَعْنًى فِيْ نَفْسِهِ غَيْرَ مُقْتَرِنٍ بِزَمَانٍ

kata yang menunjukkan makna /arti pada dirinya sendiri dan tidak berhubungan/berbarengan dengan waktu.

وَمِنْ عَلَامَتِهِ خَمْسَةٌ أَنْ يُقْبَلَ اْلجَرِّ ، أَوِ التَّنْوِيْنِ ، أَوِ النِّدَاءَ ، أَوْآلِفِ وَلَامِ ( أل ) أَوْ اْلإِسْنَادْ

dan diantara tanda-tandanya adalah menerima 1. Jar 2. Tanwin 3. Nida (seruan) 4. Alif Lam (al) 5. Disandarkan

Contoh : 

 عُنْوَانُ اْلمَدْرَسَةِ فِي شَارِعِ إِمَامْ بُوْنْجُوْلْ رَقْمُ اْلخَامِسِ أَلُــوْرْ
Alamat sekolah Di jalan imam bonjol nomor 5 Alor
 عَائِشَةٌ طَالِبَةٌ مَاهِرَةٌ فِي فَصْلِ اْلعَاشِرِ
Aisyah adalah sisiwi yang pintar di kelas 10
 يآ مُهَيْمِنْ مِنْ أَيْنَ أَنْتَ \ أَيُّهَا الطُّلاَّبْ هَيَّابِنَا نَفْتَتِحْ دَرْسَنَا
Wahai Muhaimin dari mana kamu / Wahai para siswa marilah kita membuka pelajaran kita
 يَسْكُنُ سُلَيْمَانْ فِي اْلمَعْهَدِ دَارُ اْلعُلُوْم
Sulaiman Tinggal di Pesantren Darul Ulum
 هِيَ نَبِيْلَةْ وَهِيَ الطَّالِبِتِيْ
Dia Nabilah dan Dia siswi saya 

Definisi Fi'il (Kata Kerja) .2 

مَا دَلَّ عَلَى مَعْنًى فِي نَفْسِهِ وَمُقْتَرِنٍ يِزَمَانٍ

kata yang menunjukkan makna/ arti dirinya sendiri dan berhubungan/ berbarengan dengan waktu

 (نّ) وَمِنْ عَلَامَتِهِ سَبْعَةٌ أَنْ يُقْبَلَ : قَــدْ، سِيْن ،سَوْفَ ، تَأْفاَعِلْ، يَأفَاعِلَةِ، تَأْ تَأْنِسْ سَكِيْنَةٌ ، نُوْنٌ تَوْكِيْدٌ

dan diantara tanda-tandanya adalah menerima 1. Qod 2. Sin 3. Saufa 4. Ta' Fa"il 5. Ya Fa'ilah 6. Ta' Ta'nis Sakinah, 7. Nun Taukid

Contoh : 

قَـدْ ذَهَبَ هَنْدِيْكَا إِلَى اْلمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ
Handika telah pergi ke sekolah bersama teman-temannya
سَأَرْجِعُ إِلَى اْلبَيْتِيْ بَعْدَ اْلعَصْرِ
Saya akan (waktu dekat) pulang rumah selepas ashar
سُلَيْمَانُ سَوْفَ يُوَاصِلُ دِرَاسَتَهُ إِلَى اْلجَــامِعَةِ اْلأَزْهَارُ قَاهِرَةْ
Sulaiman akan (waktu jauh) melanjutkan pendidikanya ke univ. al-azhar Kairo
يَا صَدِيْقِيْ اْلعَزِيْزِ فِيْ أَيَّةٍ تَخَرَّجْتَ
Wahai temanku yang baik kamu alumni mana ?
تَخَرَّجَتْ عَائِشَةُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ اْلحُكُوْمِيَّةِ اْلأُوْلَ
Aisyah alumni MTsN 1
يَا فَاطِمَةُ لَوْ سَمَحْتِ إِمْسَحِيْ السَّبُّوْرَةُ
Wahai Fatimah tolong hapus papapan tulis ?
خَدِيْجَةُ تَرْجِعِنَّ إِلَى بَيْتِهَا آنِفًا
Sungguh Khodijah sudah pulang rumahnya tadi

 Definsi Huruf .3

 :  مَالَايَصْلُهُ مَعَهُ الدَّلِيْلُ اْلإِسْمِ وَلَادَلِيْلُ اْلفِعْلِ

Kata yang tidak berhubungan dengan kata benda atau kata kerja

 : مَا دَلَّ عَلَى مَعْنَىً فِي غَيْرِهِ 

 Kata yang menunjukkan arti bersama kata yang lain

   مثل :   هَـلْ، مِنْ، لَمْ، لَنْ، وَإِنَّ . وَلَيْسَ لَهُ عَلَامَةٌ يَتَمَيَّزُ بِهَا كَمَا فِي اْلإِسْمِ وَاْلفِعْلِ

dan tidak memiliki tanda yang bisa membedakannya seperti yang dimiliki oleh kalimah isim dan kalimah fi'il.

Contoh :

هَلْ يُوَاصِلُ الطُّلاَّبْ دِرَاسَتَهُمْ إَلَى اْلجَامْعَةِ ؟
Apakah para siswa meneruskan pendidikannya di universitas?
لَمْ يَعْرِفُ الطُّلَّابْ اْلجُدُدِ بَعْضُهُمْ بَعْضًا
Para siswa baru belum saling kenal satu sama lain
حَمْدًا قَادِمٌ مِنْ آلُوْرْ
Hamdan berasal dari Alor
لَنْ يَّغِيْبَ الطُّلَّابْ عَنِ الدِّرَاسَةِإِلَّا لِعُذْرِ شَرْعِيٍّ
Para siswa tidak absatain dari pelajaran kecuali udzur syar'i
إِنَّ التَّّعَارُفْ يُؤَدِّي إِلَى اْلإِخْوَةِ
Sesungguhnya perkenalan mengukuhkan persaudaraan



والله أَعْــلَمُ بِمُرَادِهِ

Tidak ada komentar